HIDUP SEHAT ,BANYAK SAHABAT , INCOME PEJABAT

Super Excellent Network Bersama Meraih Kebebasan Finansial Yang Sebenarnya

Jumat, 22 Juli 2011

Menentukan letak power point pada instalasi listrik

Assalamualaikum ,

Hallo para netter , selamat datang diblog saya yang masih baru ini , Sesuai dengan judulnya disini saya akan menginformasikan kepada para netter yang  yang ingin tahu sedikit banyak tentang instalasi listrik dan  dan perhitungan yang berhubungan dengan pemakaian energi listrik .
Bukan bermaksud menggurui , hanya ingin berbagai pengetahuan , mudah-mudahan berguna bagi netter yang punya rencana  membangun rumah .

Langsung kerja aja yuk !



Pertama kali yang harus kita lakukan  adalah menentukan titik2 mana yang akan kita letakkan  stopkontak/power point (colokan) , saklar lampu , plug antenna , plug internet ato plug telpon . Dalam hal penentuan letak inilah yang sangat berperan dalam kerapian dan keindahan ruangan rumah kita , ketika bangunan sudah selesai .

Maksud saya begini , utk colokan tv , antenna , plug internet sebaiknya disesuaikan dg tinggi meja tv . misalnya meja tv setinggi 80 cm , maka buatlah titik colokannya 90 cm dari lantai  . jika netter buat lebih rendah dari meja tv , yakinlah kelak netter sendiri yanga akn repot geser2 meja kalau ada perbaikan . Dan jika dibuat  jauh diatas meja tv , yakinlah , mata netter akan sumpek ngeliat kabel tv dan antenna tergantung – gantung didinding . jika netter ikut saran saya maka semua itu akan teratasi . kabel akan tersembunyi dengan indahnya di belakang tv .

Ayo kita lanjutkan ,

Oh ya , ketika kita kerja ini kondisi dinding sebaiknya masih belum diplester semen ,
Agar mudah membuat bobokan parit2 pipa , sekalian penghematan . kan saying dinding sudah diplester rapi di rusak kembali buat parit pipa.

Selanjutnya masih penentuan letak ,
-Letak colokan tv dan antenna seperti contoh diatas
-Letak saklar lampu , nah yang ini harus jelas kelihatan oleh setiap orang dirumah. Sebaiknaya buatlah setinggi 150 cm dari lantai dan tidak jauh dari pintu ruangan . Maksudnya supaya ketika membuka pintu ruangan  , langsung ketemu saklar .
-Letak plug Internet  , ini juga disesuaikan dengan tinggi meja PC ato Laptop netter .
Jangan letak di kolong meja deh , sebab lagi asyik ngenet bisa2 kesenggol kaki yang gak bias diam . ato bias kesiram air pel pembantu .
-Letak plug telepon  , juga disesuaikan dengan tinggi meja dan fungsi ruangan .

Bicara mengenai fungsi ruangan juga penting netter , sebab halini berhubungan dengan kerapian instalasi dan keindahan mata memandang . untuk meja telpon disudut sofa ruang tamu biasanya diletakkan juga lampu hias yg pakai tudung . Nah untuk di sudut itu netter buat colokan dan plug telpon ato sekalian plug internet setinggi 30 cm dari lantai . Gimana cara nentukan tinggi dari lantai jika  lantai aja belum kelar ? Gampang , ambil pedoman kusen pintu . Ujung bawah kusen pintu itu yang menentukan tinggi lantai .

Ada satu hal terpenting lagi , yaitu menentukan letak box MCB (Main Cirkuit Breaker).
Rekomendasi saya letakkan di dinding Belakang pintu utama , agak lebih tinggi dari daun pintu Kenapa di situ ? , posisi itu tidak jauh dari kwh meter PLN , terlihat jelas , mudah dalam perawatan dan cepat dalam mengatasi kondisi darurat .

 Penting;
Bedakan pipa kabel listrik dg antenna , kabel telpon dan kabel data internet , selain untuk menghindari induksi kabel listrik pada kabel2 lainnya , ini memudahkan para netter untuk mengganti kabel bila ada kerusakan .

Untuk jalur kabel MCB buatlah parit bobokan yang bisa menampung minimal 3 pipa  sekaligus . karena  alat ini adalah muara semua kabel listrik dari seluruh ruangan .

Oke , untuk penentuan titik sudah cukup saya kira . Jika netter mengerjakan sendiri , minimal netter menghemat uang sampai 500 ribu buat upah bobokan parit pipa . belum lagi biaya design interior ato konsultan .
Modalnya Cuma pahat dan martil serta kapur tulis plus tenaga dan keringat . itung2 olahraga .

Besok saya mau ngasih gambar gambar material  dan namanya  , yang pasti kita butuhkan dalam pekerjaan ini .

Udah dulu ya ! selamat berkeringat ria.

Wasallam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar